Rubrik Power of Mind Radar Bali : Self Reward untuk Memotivasi Diri

5 - Self Reward Untuk MemotivaS dIRI  - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Self Reward untuk Memotivasi Diri

Edisi Minggu, 30 Juli 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SELF reward merupakan  bentuk pemberian penghargaan kepada diri sendiri setelah mencapai suatu tujuan tertentu,  adalah proses menghargai kerja keras yang telah dilakukan oleh diri sendiri, misalnya  telah berhasil menyelesaikan tugas berat

Melakukan self-reward juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu menghilangkan stres dan kelelahan.

Setelah memanjakan diri, akan merasakan perasaan dan energi positif yang bisa membuat menjadi lebih siap untuk beraktivitas kembali. Tentunya dengan pikiran yang lebih segar, lebih fokus, dan percaya diri.

Menjaga motivasi selama berkarier tidak selalu mudah. Salah satu cara untuk membangkitkan semangat dalam diri adalah dengan memberikan self reward.

Tak hanya membuat makin terdorong untuk produktif, pemberian hadiah atau penghargaan pada diri sendiri juga memiliki banyak dampak positif lainnya.

Pemberian hadiah pada diri sendiri terbukti mampu membuat mood menjadi lebih baik dan menjaganya tetap positif selama bekerja atau berusaha mencapai suatu tujuan.

Menerima hal yang disukai bisa memicu dopamine, yaitu zat kimia dalam tubuh yang membuat perasaan menjadi lebih senang.

Salah satu dampak lainnya dari menerima self reward adalah terbentuknya positive reinforcement.

Positive reinforcement adalah pengulangan suatu perilaku setelah mendapat imbalan atau hadiah atas hal tersebut.

Manusia cenderung terdorong untuk melakukan sesuatu lagi jika tahu akan mendapat suatu hal baik pada akhirnya.

Tanpa pemberian self reward dan terus bekerja saja, bisa jadi  akan mengalami burn out terus menerus atau kehilangan motivasi bekerja.

Menurut Jean Hailes, pemberian penghargaan pada diri sendiri adalah hal yang perlu untuk menjaga kesehatan mental yang baik.

Pemberian penghargaan untuk diri sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Setiap orang memiliki definisi reward atau penghargaan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, dirimu sendirilah yang paling mengetahui apa yang membuat  merasa dihargai atas jerih payah yang sudah dilakukan.

Pastikan penghargaan yang diberikan pada dirimu sendiri relevan dan tidak bertolak belakang dengan tujuanmu.

Idealnya, self reward cepat diberikan setelah  mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan,Sebab, dengan begitu, bisa mensugesti otak dan meyakinkan diri bahwa  telah mendapat penghargaan atau hadiah setelah apa yang diraih.