Rubrik Power of Mind Radar Bali : Sombong itu Bisa Hilang

4 - SOMBONG ITU BISA HILANG -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Sombong itu Bisa Hilang

Edisi Minggu, 27 Agustus 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SOMBONG  adalah tingkah laku dan sifat yang cenderung memuji, mengagungkan, membesarkan, dan memandang diri sendiri sebagai makhluk yang paling di atas segala-galanya.

Orang sombong akan selalu menganggap dirinya paling tinggi dan memandang orang lain rendah.

Sombong yaitu menilai pribadinya lebih dari kenyataan yang sebenarnya. Individu yang sombong sangat menuntut banyak pujian bagi pribadinya.

Jika yang diharapkan tidak terpenuhi, mudah sekali mengalami penyebab marah menurut psikologi

Tidak hanya itu saja, kesombongan akan menyebabkan orang tidak merasa puas dan selalu mengejar kekuasaan dan jabatan.

Semua orang tentu  sangat ingin dihargai,  agar dihormati, disayangi, dan dipedulikan. Begitu juga yang ingin dirasakan oleh orang yang bersikap sombong.

Namun, tak jarang kalau orang yang memiliki sikap sombong ini tidak mau menghargai pendapat orang lain. Sehingga dirinya sering kali juga diabaikan.

Sebagai manusia, tentu membutuhkan orang lain. Butuh rasa kasih sayang dan pengertian agar merasa dicintai. Namun, tak jarang ditemukan orang-orang yang lebih mementingkan perasaan dirinya dan mengabaikan perasaan orang lain.

Dengan bersikap seperti itu, biasanya akan dijauhi dan dibilang sombong. Kebanyakan orang akan sangat membenci sifat dan perilaku orang yang sombong.

Sifat sombong ini tak hanya dipandang buruk oleh semua orang, tetapi juga dapat membuat seseorang berperilaku tercela.

Jika merasa memiliki ciri yang sama yang disebutkan di atas, maka  harus mulai untuk lebih menghargai dan memahami orang-orang yang ada di sekitar.

Hal ini supaya  bisa lebih dihargai dan diterima saat bersosialisasi. Selain itu, jika memiliki teman dengan ciri-ciri orang sombong, alangkah lebih baik jika membantunya untuk selalu rendah hati dan mau menerima pendapat orang lain dengan cara yang sopan, agar mereka bisa berubah menjadi lebih baik.

Sifat sombong biasanya memang dipicu oleh kelebihan atau keunggulan yang dimiliki dibanding orang lain. Cara untuk mengurangi kadar kesombongan adalah mengetahui dan mengenali kekurangan-kekurangan yang ada.  Tidak akan ada orang yang tidak punya kekurangan atau kelemahan.

Banyak dampak buruk dari sifat sombong. Dari mulai dijauhi teman atau sahabat, hingga yang paling parah adalah pikiran  akan selalu dinaungi aura negatif. Tak heran jika kehidupan pun bakal lebih kuat sisi negatif dibanding positif.

Jika memang kesombongan sudah terlanjur ada, harus berupaya untuk menghilangkan sifat sombong tersebut.

Jika terus dilakukan secara konsisten dan penuh komitmen, pasti akan menuai hasilnya suatu hari nanti. Saat itulah  bisa merasakah indahnya kehidupan yang sebenarnya.