Rubrik Power of Mind Radar Bali : Ciptakan Energi Positive di Tahun 2024

4 - Ciptakan energi positif di tahun 2024 - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Ciptakan Energi Positive di Tahun 2024

Edisi Minggu, 31 Desember 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


KETIKA  menjalani aktivitas sehari-hari, manusia mengirim energi ke dunia dan tubuh menerima kembali energi tersebut. Sebab pikiran, tubuh, dan roh  terdiri dari energi, yang bergetar keluar dan bisa dirasakan oleh orang lain. Jadi, getaran apapun yang terjadi dalam diri  akan berdampak pada simpanan energi itu sendiri.

Energi yang baik dapat meningkatkan perasaan bahagia, menghilangkan perasaan cemas dan meningkatkan komunikasi. Sementara energi buruk menghasilkan perasaan perselisihan, konflik, dan bahkan kebencian. Maka dari itu penting sekali untuk menarik energi yang baik dan menolak yang buruk.

Mulailah perhatikan energi yang terpancar untuk menarik dan menciptakan energi positif,dan jangan berharap bisa menarik energi baik bila diri sendiri lebih sering mengeluarkan energi negatif.

Perhatikan energi yang di pancarkan. Apakah memancarkan rasa damai, tenang dan bahagia? Atau apakah  lebih emosi dan penuh kesedihan? Fokuskan energi pada hal-hal yang positif.

Mengubah cara pikir, karena sangat mudah untuk membiarkan diri tergelincir ke dalam pesimisme atau bersikap acuh tak acuh. Tetapi jika  ingin menarik hal-hal baik,  harus membiarkan hal-hal positif membimbing , bukan yang negatif.

Jangan biarkan diri  berkubang dalam perenungan pesimistis. Berhentilah mencari berita buruk atau melebih-lebihkan yang negatif. Ganti pikiran negatif dengan pernyataan positif tetapi realistis yang menginspirasi untuk mengambil tindakan.

Energi negatif dapat mengganggu perasaan bahagia dan menguras kepuasan diri.  Pengaruh negatif ini dapat berupa orang, tempat, atau hal-hal yang mempengaruhi kehidupan  secara tidak menguntungkan.

Mungkin ada orang-orang di sekitar yang meracuni kebahagiaan  secara keseluruhan, dengan kritik terus-menerus yang menjatuhkan atau malah mendapati diri  mengikuti kebiasaan buruk mereka.

Singkirkan pengaruh negatif itu dan dan mulailah menciptakan kehidupan yang di inginkan. Berusahalah untuk membatasi paparan energi negatif dan perkuat mental diri  sebelum menghadapinya.

Sama seperti halnya  mencoba untuk membatasi pengaruh negatif , pastikan  mulai menghabiskan waktu dengan yang positif. Kelilingi diri  dengan orang-orang yang positif dan sukses, yang suportif dan peduli. Tetap berteman dengan mereka yang membawa energi positif bersama mereka, dan pastikan diri memelihara dan melindungi hubungan itu.

Bawa energi baik diri sendiri ke dalam lingkaran pergaulan dan bantu menciptakan sinergi positif yang akan meresap ke dalam kelompok.

Tidak dapat dipungkiri jika energi seseorang dapat menular ke diri  sendiri. Maka dari itu, jalinlah hubungan dengan orang-orang yang memiliki energi positif, termasuk teman, keluarga, ataupun rekan kerja.

Interaksi dengan orang-orang yang positif dapat mempengaruhi suasana hati dan energi. Jika  berinteraksi dengan orang yang memiliki energi negatif, maka energi negatif tersebut juga dapat di rasakan atau bahkan pindah ke diri seseorang sehingga membuat energi terkuras.