Rubrik Power of Mind Radar Bali : Pentingnya Tertawa

1 - Pentingnya Tertawa - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking




Rubrik Power of Mind Radar Bali : Pentingnya Tertawa

Edisi Minggu, 14 Januari 2024


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


TERTAWA merupakan ekspresi kebahagian yang muncul secara spontan tanpa bisa direkayasa. Berbeda dengan senyuman yang hanya menarik sudut bibir ke samping, tertawa umumnya mengeluarkan suara unik dan berbeda pada masing-masing orang.

Selama ratusan tahun, tertawa dikenal sebagai obat herbal alami karena efek fisiologis humor yang bermanfaat bagi mental atau jiwa setiap manusia. Tidak bisa memaksa orang lain untuk tertawa, seseorang akan tertawa hanya jika ia menginginkannya.

Hormon stress  diketahui cenderung menurun setelah tertawa. hormon tersebut dapat menurunkan sistem imun tubuh, memperbesar resiko infeksi dan memperburuk kesehatan secara umum.

Stress fisik dan emosional dapat menghambat keluarnya hormon prolaktin, insulin, tiroid yang berfungsi kebalikan dari hormon epinephrine dan cortisol.

Hidup memang tidak tentu dan semua itu diluar kendali manusia, meskipun begitu manusia masih dapat mengontrol cara mereka bereaksi terhasap peristiwa ini. Menanggapi kesedihan dengan tawa dapat membuat pikiran, tubuh dan jiwa tenang dan nyaman.

Tertawa terbukti melancarkan peredaran darah dan meningkatkan aliran ke pembuluh darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat melebarkan endotelium, yaitu jaringan yang menyusun lapisan darah, dan memungkinkan darah mengalir lebih baik.

Menurut Peneliti tertawa 100 kali setara dengan energi 15 menit pada mesin dayung. sama seperti olahraga, tertawa membuat orang cenderung mengambil nafas yang berfrekuensi cepat. hal ini dapat membantu asupan oksigen bagi tubuh.

Menurut studi, terapi dengan tertawa dapat mempengaruhi sistem neuroendokrin dan mempercepat penggunaan glukosa oleh otot yang aktif.

Dengan tertawa,  dapat merangsang keluarnya hormon endorphin yang membantu meningkatkan kebahagiaan dan mengatasi nyeri.

Menurut peneliti Inggris Downer Debbie tertawa dapat memungkinkan manusia untuk menghubungkan dan berkomunikasi satu sama lain, sehingga dapat meningkatkan keterampilan sosial.

Melepaskan emosi negatif seperti pertengkaran dengan tertawa ternyata dapat memberikan efek psikologis yang besar. tertawa dapat melemaskan otot otot yang menyebabkan emosi terkait, sehingga dapat melepaskan emosi negatif dan melepaskan ketegangan.

Saat tertawa, organ tubuh seperti jantung, otak dan paru-paru ikut terlibat dan ikut terangsang. karena rangsangan, organ-organ tersebut aktif dan membuat mereka rileks dan hal ini dapat memperpanjang kesehatan manusia.

Karena tertawa dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigenisasi dalam darah, tertawa menjadi cara yang paling ampuh untuk memerangi penyakit jantung.

Mood dapat meningkat secara drastis setelah tertawa, karena tertawa dapat meredakan stress.