Rubrik Power of Mind Radar Bali : Menangis itu Perlu

1 - Menangis itu Perlu - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Menangis itu Perlu

Edisi Minggu, 21 Januari 2024


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


MENANGIS adalah respons alami manusia untuk meluapkan emosi, termasuk kesedihan, kehilangan, rasa frustasi hingga kegembiraan. Menangis bukan hal yang aneh untuk dilakukan, dan baik pria maupun wanita  dapat menangis lebih sering dari yang diperkirakan orang.

Menangis bukan pertanda mental seseorang lemah. Terlebih bagi pria, masyarakat luas kerap  menganggap bahwa pria yang menangis adalah pria yang lemah. Mereka dituntut harus selalu kuat dan tabah. Anggapan ini salah besar. Tidak pernah ada larangan untuk pria menangis. Bahkan dari sisi kesehatan, manfaat menangis baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Melansir dari Healthline, para peneliti telah menemukan bahwa menangis dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Manfaat ini dimulai saat lahir, lewat tangisan pertama bayi

Manusia memiliki tiga jenis air mata, yakni air mata refleks, air mata yang terus-menerus keluar (continuous tears), dan air mata emosional. Air mata refleks bertugas membersihkan kotoran-kotoran, seperti asap dan debu dari mata. Sementara air mata yang keluar terus-menerus akan melumasi mata dan membantu melindunginya dari infeksi.

Air mata emosional yang memiliki manfaat kesehatan. Jika continuous tears mengandung 98 persen air, air mata emosional diduga mengandung hormon stres dan racun lainnya. Para peneliti yakin bahwa menangis dapat mengeluarkan hal-hal buruk dari sistem tubuh.

Menangis menjadi salah satu mekanisme terbaik tubuh manusia untuk menenangkan diri. Peneliti telah menemukan bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

Membantu tubuh beristirahat dan mencernanya. Namun, manfaatnya tidak langsung. Mungkin perlu beberapa menit air mata menetes sebelum merasakan efek menenangkan dari menangis.

Menangis dalam waktu lama dapat melepaskan oksitosin dan opioid endogen, atau dikenal sebagai endorfin. Zat kimia yang menyebabkan efek mengenakan untuk membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Setelah endorfin dilepaskan, tubuh mungkin mengalami sedikit mati rasa. Oksitosin dapat memberikan perasaan tenang atau sejahtera.

Menangis bahkan terisak juga membantu  meringankan rasa sakit, bahkan meningkatkan semangat. Saat menangis terisak, bisa menghirup banyak udara dingin dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin dapat membantu mengatur dan menurunkan suhu otak.

Otak yang dingin lebih menyenangkan bagi tubuh dan pikiran daripada otak yang hangat. Hal ini yang sebabkan suasana hati membaik setelah  menangis terisak.

Jika  merasa sedih, menangis adalah cara untuk memberi tahu orang-orang di sekitar bahwa seseorang membutuhkan dukungan. Ini dikenal sebagai manfaat interpersonal. Sejak masih bayi, menangis telah menjadi kelekatan.

Fungsinya dalam banyak hal untuk mendapatkan kenyamanan dan perawatan dari orang lain. Dengan kata lain, menangis  membantu membangun jaringan dukungan sosial ketika keadaan semakin berat.

Bersedih adalah suatu proses. Ini melibatkan periode kesedihan, rasa bersalah, dan kemarahan. Menangis sangat penting selama masa-masa duka. Bahkan dapat membantu proses  dalam menerima kehilangan orang yang dicintai.

Jika merasa rasa sedih mulai mengganggu kehidupan sehari-hari, sebaiknya segera menghubungi hipnoterapis untuk mendapatkan bantuan.