Rubrik Power of Mind Radar Bali : Kejujuran itu Penting

1 - Kejujuran Itu Penting - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Kejujuran itu Penting

Edisi Minggu, 3 Maret 2024


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SIKAP jujur akan melahirkan kepercayaan antara satu orang dan lainnya. Sikap jujur juga menjauhkan rasa curiga hingga kekhawatiran akan rusaknya sebuah kepercayaan yang dibangun. Oleh sebab itulah sangat penting memiliki sikap jujur dalam kehidupan.

Kata  jujur adalah sesuatu yang mudah dipikirkan, tetapi seringkali sulit diucapkan. Kejujuran tidak hanya kepada orang lain. Namun juga pada diri sendiri.

Kejujuran adalah salah satu hal yang berharga. Mengatakan sesuatu dengan jujur adalah sebuah refleksi diri. Ini berkaitan dengan dirinya untuk mengetahui seberapa dalam dirinya.

Orang yang jujur pasti akan mengatakan hal yang benar. Hal yang disampaikan tidak menyalahi fakta yang seharusnya. Selain itu, jujur juga dapat dikatakan sesuatu yang sesuai antara niat dengan ucapan.

Niat dan ucapan juga akan sejalan dengan perbuatannya. Ini berarti bahwa intensi adalah sebuah komponen utama dari kejujuran. Orang yang sudah terbiasa jujur pasti memiliki ucapan dan perbuatan yang sama lurusnya.

Sebuah kejujuran adalah aspek moral kehidupan. Aspek ini memiliki nilai baik serta nilai positif. Kejujuran juga dapat digantikan dengan kata lain.

Di dalam kejujuran, terdapat sikap yang tulus. Orang yang menyampaikan suatu hal yang benar tentu memiliki niat yang lebih baik. Meskipun terkadang kejujuran adalah hal yang tidak mudah diterima

Semua orang pasti menghargai suatu kebenaran. Di dalam setiap etnis, budaya maupun agama kebenaran tentu dijunjung tinggi. Maka setiap ajaran tentu mengharuskan kejujuran ada di dalamnya.

Orang yang memiliki sifat jujur akan membuat hidupnya nyaman. Membuat ia merasakan ketenangan dan kedamaian. Hal itu karena ia tidak lagi menyimpan sebuah rahasia.

Orang yang jujur adalah dia yang akan berjalan pada kesuksesan. Sebaliknya, orang yang tidak jujur adalah dia yang berjalan menjauh dari kesuksesan. Dapat dikatakan bahwa sifat jujur adalah salah satu faktor dari keberhasilan.

Keberhasilan atau dapat dikatakan kesuksesan merupakan sesuatu yang sangat diinginkan banyak orang. Sebagian besar orang menempuh banyak cara untuk meraih keberhasilan. Bahkan, tak jarang setiap orang akan berlomba meraih keberhasilan tersebut.

Banyak faktor yang bisa dijadikan modal untuk meraih kesuksesan. Salah satunya adalah memiliki sifat jujur. Sifat jujur adalah suatu hal penting, yang juga mendasar dalam meraih keberhasilan itu sendiri.

Kejujuran adalah sesuatu yang positif. Tidak ada dampak yang buruk jika  selalu menjunjung tinggi kejujuran. Maka dari itu, mulailah untuk mengatakan atau berbuat sesuatu yang benar dan jujur. Untuk menjalankannya, kamu bisa memulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Marilah mengajak diri sendiri dari sekarang untuk membiasakan menjadi baik, berkata jujur, berperilaku sopan, bersosialisasi dengan akhlak dan adab.

 “Berkata lah dengan baik walau itu pahit rasanya”