Rubrik Power Of Mind Radar Bali : Ketakutan Berbicara di Depan Umum Bisakah Disembuhkan Dengan Hipnoterapi?


Rubrik Power Of Mind Radar Bali :
Ketakutan Berbicara di Depan Umum Bisakah Disembuhkan Dengan Hipnoterapi?
Edisi Minggu, 7 Juni 2020

Pertanyaan :

Saya seorang laki-laki berusia 34 tahun, dan telah bekerja sebagai pimpinan dari sebuah perusahaan swasta, sudah enam bulan bertugas di Bali. Maukah ibu Santy membantu saya untuk melepaskan mental blok agar saya bisa berbicara di depan umum? Karena setiap saya memimpin rapat atau membaca sambutan saya sering grogi dan nervous sehingga suara saya menjadi tidak keluar, semakin saya lawan maka semakin tidak bersuara. Apakah ini ada kaitannya dengan masa lalu saya yang pernah mengalami kekerasan dari Bapak yang sering memukul saat saya masih kecil jika berbuat salah?

Apa yang mesti saya lakukan dan mohon solusinya.

Usman – Denpasar

Jawaban :

Terima kasih Bapak Usman , semoga selalu sehat. Berbiaca di depan umum adalah salah satu ketakutan terbesar di dunia ini selain kematian, ketinggian, penyakit dan keuangan.

Jadi sangatlah wajar jika bapak mengalami hal tersebut , tetapi yang sangat kurang wajar adalah jika semua persiapan sudah dilakukan tetapi ternyata anda mengalami kondisi psikis yang  membebani diri anda seperti suara tidak mau keluar dan nervous berlebihan .

Jika hanya sekedar nervous saat awal berbicara itu adalah hal yang manusiawi, tetapi kalau sudah terlatih dan terbiasa maka nervous itu akan menghilang sendirinya, kondisi itu biasanya terjadi saat awal berbicara sekitar 1- 2 detik di permulaan.

Karena berbicara di depan umum atau Public Speaking itu kuncinya adalah perbanyak latihan, latihan dan latihan. Tapi jika ternyata sudah berlatih dan sering berbicara di depan umum dengan materi yang sama ternyata justru semakin menjadi ketakutannya , ini memang kemungkinan besar penyebabnya ada sesuatu yang mengganjal dalam pikiran bawah sadar.

Rasa kurang percaya diri biasanya disebabkan karena Faktor External dan Factor Internal.

JIka Bapak sudah menduduki jabatan tertentu itu berarti dari segi intelektual sudah teruji, demikian juga dengan dengan kualitas kemampuan yang lainnya tetapi mungkin yang bermasalah adalah kondisi yang terekam dalam pikiran bawah sadar pada masa lalu yang membekas.

Sepertihalnya yang pernah dialami oleh peserta pelatihan kami, yang mengikuti pelatihan Public Speaking. Dimana kami sudah puluhan tahun bergelut dibidang ini banyak sekali menemukan kondisi seperti yang bapak alami. Karena jika seseorang tidak bermasalah dalam intenal pikiran bawah sadarnya maka jika sudah diberikan tehnik-tehniknya pasti dengan mudah ibisa mempraktekkan.

Tetapi jika ternyata selama 3 hari pelatihan yang sering kami buat tetapi masih tidak bisa atau mengalami kendala, pasti yang bermasalah adalah pikiran bawah sadarnya.

Misalnya mengalami kekerasan dari orangtua bisa berupa verbal ataupun fisik, pola asuh dan pola didik yang terlalu overprotective juga sangat berpengaruh untuk psikis seseorang menjadi kurang percaya diri.

Jika kondisi itu yang terjadi pada diri Bapak, memang saran kami sebaiknya untuk melakukan hipnoterapi agar bisa didesain ulang pikiran bawah sadar agar memiliki kepercayaan diri yang optimal dengan dipadu kemampuan-kemampuan serta persiapan yang memang dibutuhkan dalam Public Speaking dijamin pasti hasil yang dicapai optimal sesuai yang diinginkan.

Menuju kondisi New Normal seperti sekarang kami juga sudah mengadakan kegiatan-kegiatan training offline dengan mengikuti protokol yang berlaku , jika bapak berkenan pada tanggal 19 – 21 Juni 2020 ada pelatihan Public Speaking dan langsung dipraktekkan.

Karena apapun professinya tetap kemampuan Public Speaking dibutuhkan, jangan sebaliknya jika karier kita terhenti hanya karena ketidak mampuan berbicara di depan umum dengan baik.

Mari songsong New Formal dengan kemampuan kualitas diri yang lebih baik sehingga kita bisa sukses dengan cara kerja dan bahagia dengan olah pikir kita.

- Santy Sastra -
(Indonesia's Mindset Motivator and Trainer)
.
Follow selalu @santysastra untuk mendapatkan kutipan harian yang bisa membuat hidup Anda selalu penuh semangat. :)
.
-----------------------
Bergabunglah bersama kami.
Informasi lebih lanjut.. 👇👇
.
WA 0811380675
atau klik wa.me/62811380675
atau klik wa.me/62811380675
atau klik wa.me/62811380675
.
Santy Sastra Public Speaking
Jl. Gatot Subroto VI no. 27 Denpasar - Bali

Program Pelatihan Santy Sastra Public Speaking :
- Public Speaking Reguler
- Public Speaking For Professional
- SSP Club (Pelatihan MC, Penyiar, Presenter)
- Pelatihan Hypnosis
- Workshop Power of Mind
- Kids Talk
- In House Training
- Ngobrol Santai

FB : Santy Sastra Public Speaking
IG : @santysastra
Web : www.santysastra.com

#santysastra #trainer #mindsetmotivator #motivator #publicspeaking #hypnoterapist #mc #kidstalk #powerofmind #hypnoparenting #hypnoforkids #quote #quotes #kutipan #powerofmind #publicspeaker #hypnosis #hipnosis #hipno #hipnoparenting #hipnoslim #hipnotis #happymindhappylife #kursuspublicspeakingterbaikdibali #kursusmcterbaikdibali #kursuspublicspeakingdibali #kursuspublicspeaking #kursusmc #ngobrolsantai