Rubrik Power of Mind Radar Bali : Cara Efektif Membangkitkan Motivasi Diri

1 -Cara efektif membangkitkan motivasi diri -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Cara Efektif Membangkitkan Motivasi Diri

Edisi Minggu, 1 Mei 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator 


Self-motivation adalah kemampuan untuk mendorong diri melakukan sesuatu dalam rangka mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas.

Self-motivation, didorong oleh keinginan untuk melakukan sesuatu, menciptakan dan menghasilkan.

Dorongan inilah yang membuat sesorang mampu melanjutkan apa yang dia kerjakan meski tidak ada imbalan atau tidak ada yang memerintah.

Faktor yang datang dari dalam diri misalnya kesukaan akan sesuatu atau hobi, memunculkan rasa bahagia dan sebagainya.

Sedangkan  faktor yang datang dari luar adalah  karena prestasi, hadiah dan tanggung jawab.

Faktor yang  mendorong seseorang untuk membangkitkan  self-motivation yang kuat adalah karena keyakinan diri.

Keyakinan atas kemampuan diri untuk mencapai keberhasilan dan kemampuan diri untuk mencapai keberhasilan tersebut.

Sementara kepercayaan diri adalah percaya pada kemampuan diri untuk bisa memperoleh keberhasilan dan menikmati keberhasilan tersebut.

Keduanya merupakan faktor penting dalam mendorong terbentuknya self-motivation.

Pikiran positif berhubungan erat dengan kepercayaan diri dalam proses membangun self-motivation. Selalu berpikir positif akan menjaga diri  dari berpikiran negatif tentang apa yang belum terjadi.

Dengan  berpikir positif, maka  akan fokus pada perencanaan hal yang positif, sehingga hasilnya pun akan jauh lebih positif.

Tetapi jika  terbiasa berpikir negatif, maka energi yang dikeluarkan diri juga negatif, sehingga respon yang diterima dari lingkungan dan sekeliling akan negatif pula.

Kunci  menumbuhkan self-motivation yang kuat adalah adanya target yang telah ditentukan. Target tersebut akan membantu untuk fokus menjalankan rencana.

Tanpa target  akan terombang-ambing tanpa tujuan, sehingga tidak ada dorongan untuk bergerak.

Tentukan target yang jelas, menantang dan relevan. Pastikan untuk selalu memonitor proses pencapaian target, dengan begitu progress dapat terukur dan akan mendorong diri  untuk terus bergerak.

Dalam proses pencapaian target apapun, lingkungan merupakan faktor penting bagi keberhasilan proses. Lingkungan yang mendukung, baik tempat, team kerja maupun pimpinan, akan mendorong tercapainya target yang direncanakan.

Tetapi bukan berarti selalu menyandarkan keberhasilan pencapaian target kepada faktor luar saja.

Meminta tugas yang sesuai minat  kepada atasan juga bisa saja dilakukan sehingga ketertarikan tersebut memotivasi untuk bergerak.  

Jika mengalami hambatan disebabkan tidak ada motivasi dalam diri, kemungkinan adalah factor pikiran bawah sadar yang tersumbat sehingga butuh refrexh mind. Lakukanlah  reinstall pikiran bawah sadar. (***)